• Breaking News

    Saturday, January 14, 2017

    Ini #DinastiPolitik Paling Kuat di #AS #PostTruth #PolitikDusta #DebatPolitik

    Kadang-kadang keluarga tertentu memiliki kekuatan lebih dan pengaruh dalam masyarakat dibandingkan orang lain. Bahkan fenomena ini hampir terdapat di semua negara, tak terkecuali negara adidaya Amerika Serikat.

    Ada banyak dinasti politik yang telah membentuk sejarah Amerika Serikat dari pendiriannya hingga kini. Beberapa dari mereka amat terkenal sedangkan jaringan dinasti lainnya bisa jadi adalah kejutan karena selama ini nyaris tidak terdengar intensitasnya di muka publik.

    Baca: Dinasti Politik Tidak Mengenal Batas Negara

    Berikut ini adalah penilaian kami untuk sepuluh keluarga paling berpengaruh di Amerika Serikat.

    10. The Udalls

    The Udalls adalah keluarga yang kuat di Amerika Serikat terutama bagian Barat. Pada tahun 1851, David King Udall lahir di St. Louis, MO. Keluarganya, yang baru saja tiba dari Inggris, melakukan perjalanan panjang hingga ke Utah pada tahun 1852.

    Perjalanan hidup David mengubahnya menjadi anggota legislatif untuk daerah perwakilan di Arizona. Namun kejadian lucu terjadi dimana David dihukum karena melakukan sumpah palsu yang melibatkan sengketa tanah. Dari David inilah keturunannya kelak menjadi salah satu keluarga paling berpengaruh di Amerika Serikat.

    Keturunannya kelak terpilih menjadi pejabat tinggi di banyak negara Amerika bagian Barat. Tahun lalu, sebelum kekalahan senator Mark Udall dalam pemilu 2014, ada tiga anggota keluarga yang berada dalam lingkungan senat Amerika Serikat yaitu Mike Lee dari Utah, Tom Udall dari New Mexico dan Mark Udall dari Colorado.

    Sebelum mereka bertiga ada Gordon H. Smith dari Oregon yang menjabat dua periode dari tahun 1997 hingga 2009. Dari keluarga mereka juga melahirkan mantan wakil dan mentri dalam negri Stewart Udall.

    9. The Rockefellers

    Ini adalah salah satu keluarga yang paling banyak disorot dalam perkembangan sejarah manusia modern. The Rockefellers family, kemisteriusan dan kontroversialnya mungkin setingkat dengan keluarga Rothschild di Inggris. Dari beberapa sumber ada yang mengatakan The Rockefellers dan The Rothschild family memang memiliki garis keturunan yang sama, namun klaim tersebut masih perlu pembuktian.

    Keluarga yang meraih kejayaan dari usaha minyak, Standart Oil yang didirikan oleh John.D. Rockefellers. Yah…Rockefellers family tidak melulu hanya menguasai bidang politik di Amerika namun juga bisnis, filantropis dan banyak lagi.

    Nelson Rockefeller adalah salah satu anggota keluarga yang paling terkenal dengan menjadi gubernur New York dan wakil presiden dibawah Gerard Ford. Anggota lain termasuk Winthtrop Rockefeller, gubernur dari Partai Republik yang pertama dari Arkansas, anaknya yang menjadi Letnan Gubernur Arkansas dan senator Jay Rockefeller dari West Virginia.

    8. The Carters

    Anda tentu familiar dengan nama keluarga ini, yah mantan Gubernur dan Presiden Amerika Serikat merupakan salah satu anggota keluarganya yang berhasil menjadi orang nomor 1 di Amerika Serikat, Jimmy Carter. Namun sebenarnya bukan hanya dirinya yang sukses dari keluarga ini terutama di negara bagian Georgia.

    Ayah Jimmy adalah anggota dari Georgia House of Representatives ( setingkat DPR ) dan anaknya adalah seorang politikus dan pengusaha yang menjadi senat di Nevada. Jason Carter, cucu dari Jimmy Carter saat ini menjabat sebagai senator di Georgia.

    Jason Carter mencoba menjadi Gubernur pada tahun 2014 lalu namun kalah dari Nathan Deal, tapi Jason saat ini masih berusia dibawah 40 tahun yang berarti karir politiknya masih sangat panjang.

    7. The Clintons

    Mungkin banyak yang akan protes dengan masuknya keluarga ini ke dalam jajaran 10 besar keluarga yang berpengaruh di Amerika Serikat, mengingat hanya ada dua anggota keluarganya yang meraih kesuksesan dibidang politik yaitu suami istri Bill Clinton dan Hillary Clinton. Namun keduanya adalah profil yang tinggi di negri Paman Sam tersebut sehingga menurut penulis amat pantas untuk berada di daftar.

    Bill Clinton adalah mantan Presiden Amerika Serikat dan Gubernur Arkansas, sementara sang istri, Hillary Clinton adalah dianggap sebagai favorit kuat untuk menjadi presiden Amerika Serikat tahun 2016 setelah sebelumnya menjabat sebagai sekretaris negara dan Senator.

    Dan agaknya dalam waktu kedepan kita juga akan melihat keluarga Clinton ketiga yang akan masuk ke dunia politik dimana putri mereka, Chelsea juga menunjukkan minat yang tinggi di bidang politik.

    6. The Tafts

    Kebanyakan dari orang Amerika Serikat tidak menyadari kekuatan dari keluarga ini, padahal The Tafts family telah menghasilkan beberapa senator, gubernur, hakim, dan tentu saja Presiden Amerika Serikat.

    William Howard Taft adalah yang paling terkenal dari keluarga Tafts yang menjabat sebagai presiden selama satu periode dan kemudian menjabat sebagai Hakim Ketua Mahkamah Agung. Ayahnya adalah Alphonso Taft, seorang Jaksa Agung dan Secretary of War dibawah Ulysses S.Grant.

    Anak Presiden Taft, Robert A. Taft adalah senator dari Ohio yang mencoba mengikuti pemilu presiden beberapa kali dan semuanya itu baru satu garis keturunan dari keluarga Taft.

    5. The Roosevelts

    Roosevelts datang pertama kali ke Amerika Serikat melalui New York yang kala itu masih bernama New Amsterdam. Zaman bahkan sebelum Amerika Serikat terbentuk. Keluarga ini berkontribusi menghasilkan Presiden-Presiden di negara baru tersebut seperti Presiden Teddy Roosevelt dan Franklin.D. Roosevelt serta tentu saja Eleanor Roosevelt.

    Keberhasilan politik keluarga Roosevelt dimulai dari Nicholas Roosevelt yang terpilih untuk memegang jabatan sebagai anggota dewan kotapraja. Sejak itu anggota keluarga lainnya telah menjadi senator, jaksa, hakim dan presiden Amerika Serikat.

    4. The Adams

    Seperti keluarga Roosevelt, keluarga Adams juga memiliki dua Presiden asal keluarga mereka yaitu Presiden kedua John Adams dan Presiden Keenam John Quincy Adams. Keluarga Adams memegang peranan penting sebagai pendiri negara dari awal hingga awal abad ke 20.

    Selain itu pengaruh keluarga ini semakin besar dengan memiliki kerabatan jauh dengan keluarga terkemuka lainnya seperti dengan Miliard Fillmore, William Taft, Calvin Coolidge, dan Dick Cheney. Kekerabatan tersebut didapatkan dari Henry Squire, nenek moyang dari mereka semua.

    3. The Harrisons

    Keluarga Harrison berada dalam daftar ketiga dengan menempatkan dua anggota keluarganya yang berhasil menjadi Presiden yaitu William Henry Harrison dan Benjamin Harrison. Namun peran serta keluarga ini di bidang politik sebenarnya telah jauh ada semenjak kemerdekaan Amerika Serikat.

    Benjamin Harrison V adalah penandatangan deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat. Selain itu masih ada banyak anggota keluarga yang juga menjabat jabatan publik lainnya seperti gubernur dan jaksa Agung serta senator.

    2. The Kennedys

    The Kennedys telah sering disebut-sebut sebagai ” American Royalty ” dan memang seharusnya begitu mengingat banyaknya anggota keluarga ini yang berperan sebagai pejabat publik di Amerika Serikat.

    P.J. Kennedy adalah pendiri dari keluarga politik Kennedy, dia adalah seorang anak dari imigran Irlandia dan tokoh besar dalam politik Boston.

    Keluarga Kennedy hingga saat ini masih aktif dengan beberapa anggota keluarga yang menjabat sebagai pejabat publik. Keluarga ini sangat terkenal dengan sebutan lainnya sebagai keluarga tiga huruf yaitu JFK ( John F Kennedy ), RFK ( Robert F. Kennedy ) dan Ted Kennedy.

    1. The Bushes

    Tak disangkal lagi ini adalah keluarga dinasti politik paling berpengaruh di Amerika Serikat. Tak dapat diketahui akan sampai berapa lama kiprah keluarga ini dapat terus meninggalkan legacy-nya di Amerika.

    The Bushes merupakan pendiri ideologi Republik yang dimulai dengan Obadiah Bush, yang menjabat sebagai wakil presiden dari American-Anti Slavery Society dan Supported the Underground Railroad.

    Cucunya, Samuel P.Bush menjabat peran kunci dalam perang dunia I pada dewan industri untuk perang dan kemudian juga di Dewan Cleveland Fed serta menjabat sebagai president’s Comittee for Unemployment Relief selama era Great Depression di Amerika Serikat.

    Anak Samuel adalah Prescott Bush yang menjadi senator dari Connecticut. Dari Prescott Bush menghasilkan anak George W.Bush presiden ke 41 Amerika Serikat. Dan tentu saja George W.Bush memiliki anak George dan Jeb Bush yang menjadi Gubernur Texas dan Florida dimana salah satunya menjadi presiden Amerika Serikat.

    Sementara Jeb Bush diprediksikan tak lama lagi pula akan mengikuti jejak dari saudaranya George Bush. Jr menjadi presiden Amerika Serikat berikutnya.

    Sumber

    No comments:

    Post a Comment

    loading...

    Berita

    Branding

    Konsultasi