Pengetahuan dan kemampuan praktis komunikasi politik, kini telah menemukan momentumnya di Indonesia. Sebagai salah satu bidang dalam kajian komunikasi, komunikasi politik telah memiliki sejarah keilmuan yang matang. Sudah banyak sekali hasil riset, buku, publikasi jurnal yang mengkaji khazanah keilmuan komunikasi politik mulai dari kajian opini publik, propaganda hingga kajian terbaru seperti marketing politik dan komunikasi politik di dunia virtual.
Sejumlah kemampuan praktis komunikasi politik pun telah memiliki tradisi yang mapan serta potensi penerimaan pasar yang sangat maju. Misalnya kemampuan praktis dalam bidang kampanye politik, riset opini publik, iklan politik, promotor politik dan lain-lain. Dengan demikian, kajian komunikasi politik tidak semata-mata kajian teoritik melainkan juga praktis dan aplikatif. Kajian komunikasi politik tumbuh subur seiring dengan maju pesatnya industri pencitraan. Ini merupakan industri yang memfasilitasi kandidat seperti halnya produk komersial lainnya, yakni membutuhkan pengemasan dan pemasaran (marketing) yang baik.
Selanjutnya
No comments:
Post a Comment